Thursday, August 30, 2007

Keunggulan Kompetitif

Keunggulan kompetitif adalah kemampuan perusahaan untuk memformulasi strategi pencapaian peluang profit melalui maksimisasi penerimaan dari investasi yang dilakukan.

Dari segi keragaan akhir (performance) keunggulan kompetitif didefinisikan sebagai kemampuan untuk mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar secara menguntungkan dan berkelanjutan (Porter, 1985; Martin, Westgren and Van Duren, 1991).

Secara operasional Keunggulan Kompetitif didefinisikan sebagai kemampuan untuk memasok barang dan jasa pada waktu, tempat, dan bentuk yang diinginkan konsumen, baik di pasar domestik maupun di pasar internasional, pada harga yang sama atau lebih baik dari yang ditawarkan pesaing, seraya memperoleh laba paling tidak sebesar ongkos penggunaan (opportunity cost) sumber daya (Cook dan Bredahl, 1991; Sharples and Milham, 1990).

Faktor Faktor Pembentuk keunggulan kompetitif
Keunggulan kompetitif dapat terbentuk dari layanan pelanggan yang prima baik. Maka layanan pelanggan akan menjadi strategic culture, dan nilainilai inti yang menjadi penunjangnya adalah loyalitas, layanan, kolaborasi, dan consensus.
Keunggulan kompetitif yang bertumpu pada keunikan produk , nilai-nilai pendukungnya yang harus berjalan dalam operasional perusahaan sehari-hari adalah inovasi, diferensiasi dan solusi.
keunggulan kompetitifnya berorientasi biaya, maka nilai yang dijalani berdasarkan pengawasan, keterandalan, analisa, ketepatan, dan predictability. Nilai-nilai inti ini harus meresap dalam sanubari dan menjadi landasan perilaku dalam organisasi.

Dua aspek penting dalam keunggulan kompetitif
Pertama, keunggulan komparatif (menghasilkan barang yang lebih murah dari pesaing) tidak menjamin teraihnya keunggulan kompetitif. Di samping keunggulan komparatif, keunggulan kompetitif sangat ditentukan oleh kemampuan untuk memasok produk dengan atribut (karakter) yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Kedua, keunggulan kompetitif merupakan hasil interaksi dari tiga tingkatan pasar yaitu
pasar internasional dari produk
pasar domestik dari produk
pasar sarana produksi.

No comments: